Wisata Budaya ke Prambanan

20.30 Edit This 0 Comments »
 
Kita jalan-jalan dulu yuk ke wilayah Klaten! Kabupaten yg berada diantara Yogyakarta,Boyolali & Solo ini menyimpan potensi wisata yg cukup asyik deh. Kita mulai dari wilayah Prambanan. Wilayah ini dibagian barat masuk wilayah Yogyakarta, sedangkan dibagian timur masuk wilayah Klaten. Objek wisatanya,tentu saja yg terkenal adalah Candi Prambanan ^_^. 
Di kompleks candi ini,pada malam2 tertentu diadakan pentas tari Sendratari Ramayana,dgn didukung sound system & lighting system yg mantap dah,makanya banyak turis yang datang menontonnya.
Proses renovasi & reservasi Candi Prambanan sepertinya lama juga, apalagi kejadian gempa 2006 lalu membuat kerusakan yg cukup parah. Tetapi secara keseluruhan sudah lebih baik lah penampilan Candi Prambanan dibandingkan beberapa tahun yang lalu. 

Tak jauh dari Candi Prambanan, ada kompleks candi juga,tepatnya beberapa kilometer ke arah selatan (ambil rute jalanan menuju Gunung Kidul). Yaitu kompleks Candi Ratu Boko.


Ada beberapa candi yang lain sih di wilayah ini,tetapi saya sudah lupa namanya. Salah satunya yg bisa kita lihat langsung dari pinggir jalan raya Yogya-Solo,adalah salah satu candi yg tertua di Indonesia. Bangunannya hanya sebuah stupa besar hitam,terletak persis dipinggir jalan,hanya ditutupi pohon dari kebun warga sekitar saja, Itulah Candi Kalasan. Banyak orang yg tidak menyadari bahwa candi ini bahkan lebih tua ketimbang Prambanan maupun Borobudur sekalipun,meski hanya sebuah bangunan sederhana.

0 komentar: